Senin, 09 Mei 2011

Pegertian Kebiasaan


Kebiasaan berasal dari kata biasa yang mendapat awalan ke dan akhiran an. Biasa termasuk kata keterangan, tapi ketika sudah mendapat awalan ke dan akhiran an ia berubah menjadi kata kerja. Perbedaan keduanya terletak pada fungsi dan maknanya dalam sebuah kalimat.
Biasa berarti, hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari atau perbuatan yang sudah menjadi adat. Sedangkan kebiasaan berarti pola untuk melakukan tanggapan terhadap situasi tertentu yang yang dipelajari oleh seseorang individu dan yang dilakukannya secara berulang untuk hal yang sama. Contoh dalam kalimat:
1. Setiap pagi arif biasa minum kopi.
2. Kebiasaan arif setiap pagi adalah minum kopi.
Dari pengertian di atas kita dapat menarik kesimpulan jika kebiasaan itu adalah perbuatan yang dilakukan secara berulang. Ketika arif baru pertama kali minum kopi sekali, maka perbuatan arif belum termasuk sebagai kebiasaan. Tapi ketika minum kopi yang dilakukan pada pagi hari oleh arif terus diulang-ulang maka perbuatan arif ini dapat dikatakan sebagai kebiasaan. Ukuran dari berulangnya perbuatan ini terletak pada jumlah dan seringnya. Semakin banyak dan semakin sering arif minum kopi di pagi hari maka semakin kuatlah kita mengatakan jika arif memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar