Selasa, 12 April 2011

Kunci kebahagiaan.

Semua orang ingin bahagia. Kata-kata ini tidak dapat ditampik dan terbantahkan. Untuk mendapatkan kebahagiaan ini maka beraneka jalan di tempuh.
Ada yang memperbanyak tabungan dan deposito. Ada juga yang dengan pergi ke puncak gunung, menyelam ke dasar samudra, memanjat tebing atau juga menghisap ganza. Satu orang dengan orang lainnya berlainan dalam mencari kebahagiaan itu.
Agar kita menjadi bahagia maka kita harus mengambil tiga langkah. Langkah pertama kita harus mengetahui apa itu bahagia. Langkah kedua, apa sajaciri-ciri orang bahagia itu. Lankah ketiga, bagaimana caranya agar kita dapat berbahagia.
Bahagia adalah, perasaan senang di dalam jiwa dan terbebasnya seseorang dari segala macam masalah yang dapat menyusahkan hidup. Jadi bahagia itu urusan jiwa yang tidak dapat di dapatkan dengan materi saja semisal dengan banyaknya tabungan dan deposito di bank. Uniknya lagi, bahagia itu relatif yang tidak dapat diukur namun ia memiliki ciri.
Ciri-ciri orang yang berbahagia: memiliki tanah yang luas, kendaraan yang cepat dan anak-istri yang sholeh sholehah. Jika orang memiliki tanah yang luas maka ia akan memiliki sumber penghasilan yang mapan. Demikian juga jika ia memiliki kendaraan yang cepat maka ia kaan lancar sosialisasinya. Anak dan Istri sebagai pelengkap dari kenikmatan keduanya.
Langkah ketiga adalah cara agar kita hidup bahagia. Sekali lagi bahagia itu relatif namun dalam kerelatifan itu ada satu kunci pokok. Kunci hidup bahagia adalah pandai bersyukur. Kunci pokok untuk dapat bersyukur adalah menikmati. Kita tidak akan dapat bersyukur dengan sebenar-benarnya syukur jika kita tidak dapat menikmati apa yang ada pada diri kita saat ini dan apa yang sedang kita kerjakan saat ini.  Saat ini saya sangat menikmati mengetik di depan komputer, sepenuh jiwa saya merasakan jika mengetik di depan komputer adalah nikmat. Berapa banyak orang yang tidak dapat mengetik di depan komputer karena alasan tidak punya komputer, tidak pernah tahu tentang komputer? Saya pun bersyukur, saya pun merasa bahagia.
Mulai sekarang, apa pun jenis pekerjaan Anda, cobalah untuk menikmati pekerjaan Anda dan menikmati setiap detik waktu yang Anda lalui. Jika Anda dapat menikmati setiap detik waktu yang Anda lalui maka Anda akan dapat merasakan betapa semua ini adalah nikmat yang harus disyukuri dan sangat membahagiakan. Saya yakin jika semua aktifitas hidup ini membahagiakan kecuali aktifitas yang dilarang oleh Allah. Oleh karena itu jauhi maksiat dan kerjakan ibadah. Niscaya bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar